.

Cara Membuat Tulisan Terbalik Di Facebook dan Twitter

Buat para facebook dan twitter mania ada sedikit tips nih yang sering update status dan pingin tampil beda dari yang lain, dijamin update status anda bikin orang lain yang membacanya pusing, kenapa bisa begitu, karena tips berikut ini akan membuat tulisan terbalik pada facebook dan twitter. 

Lalu bagaimana membuat Tulisan atau teks terbalik pada Facebook dan twitter ???....

Cara membuat tulisan terbalik ini cukup mudah. Bagi yang tertarik bisa mencobanya langsung dengan tinggal menuliskan teks yang akan anda buat terbalik ke http://www.en.fliptext.net dan http://www.sherv.net/flip.html. Setelah itu lalu anda copy teks atau tulisan tersebut ke Facebook dan twitter.

Kedua situs ini menyediakan layanan gratis dalam membuat tulisan atau teks terbalik. Jadi buat anda yang ingin tampil beda dalam penulisan di Facebook dan twitter bisa mencoba dua situs diatas. Dan berikut ni screen shot salah satu situs diatas :

Bila ada situs lainnya silakan sharing saja di kotak komentar. Dan akan saya tambahkan di postingan ini. Yup bagaimana dengan cara diatas? Semoga bermanfaat buat menampilkan update status mu yang beda dari yang lain!

Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Software

Buat yang suka online di Internet dan membutuhkan koneksi yang cepat, mungkin tips sederhana ini dapat anda gunakan untuk mempercepat koneksi internet Anda tanpa menggunakan software. Karena semakin cepat koneksi, maka dapat mengefisiensikan penggunaan waktu untuk browsing, chat dsb.

Berikut panduan Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Software :
1. Klik Kanan Pada My Computer
2. Klik Properties, lalu pilih Tab Hardware.
3. Pilih Ports, Lalu pilij Comunication Ports ( Di Klik 2X )
4. Pilih Port Setting Lalu muncul gambar dibawah ini :
Pada Opsi tersebut Bits per second ganti menjadi 128000 dan Flow control ganti menjadi Hardware.
Dengan cara diatas dijamin koneksi internet anda akan lebih cepat dari sebelumnya. Selamat Mencoba

Cara Membuat Readmore Sederhana

Postingan kali ini akan membahas cara membuat readmore sederhana pada blogger, dimana fungsi readmore adalah untuk memotong postingan agar tidak muncul semua postingan kita atau memperpendek postingan kita. Cara membuat readmore sering kita jumpai di teman2 blogger lainnya, namun yang kita dapat adalah kita harus mengutak-atik HTML yang bikin sebagian orang malas.

Namun pada sebagian template blog sudah ada fasilitas readmore-nya. Lalu bagaimana yang belum ada? nah ada cara sederhana untuk membuat readmore nih. Dimana kita gak perlu pakai edit HTML pada blog kita. Langsung aja kita praktekkan:

cara menganti cursor animasi pada blog

Langsung saja, begini caranya:

1. Pilih tab “Tata Letak”.
2. Klik “tambah gadget” baik itu berada di bawah, atas atau samping.
3. Pilih “HTML/JavaScript”
4. Copy kode di bawah ini pada tempat pengetikan:

.

5. Nah, ganti alamat cursor http://www.123cursors.com/freecursors/7676.gif tersebut dengan alamat cursor yang lain. Untuk mengetahui alamat cursor yang lain, kunjungilah www.123cursors.com dan pilih cursor yang Anda inginkan. Supaya lebih mudah, cari berdasarkan kategori. Bila Anda sudah menemukan, copy alamat cursornya dengan cara klik kanan pada gambar cursor tersebut, lalu pilih “copy image location”.
Mudah kan? 
 
by : qubals

Tutorial Sederhana Make Up Artist Effect di Photoshop

Kehidupan artis atau selebritis memang selalu memunculkan imajinasi kegemerlapan di setiap kemunculannya, dan tahukah anda dibelakang layar mereka mempunyai asisten pribadi yang selalu siap setiap saat untuk merias dan mempercantik tampilan artist tersebut disegudang event dan agenda yang dimilikinya.
Itulah dia sang Make Up Artist, dia mempunyai pekerjaan memoles wajah dan tata rias sang artis agar selalu tampil mempesona dihadapan sejuta fans nya.
Oke jangan pernah bayangkan bagaimana rupa dan gaya si Make Up Artist tersebut ;) Pada tutorial ini kita akan mencoba menerapkan teknik-teknik yang biasa dilakukan penata rias tersebut ke artis nya, namun bedanya kita menggunakan media digital alias photo untuk membuat effect riasan dengan menggunakan software grafis Adobe Photoshop, simple, mudah, cepat dan bermanfaat..khususnya bagi anda para Newbie alias Begineer:
PERSIAPAN

Membuat Efek Api Pada Teks


1. Buat kanvas baru (File > New), atur sesuka anda.
Pada contoh ini, saya membuatnya dengan ukuran width dan height 400 pixels, resolution 72 pixels/inch, mode RGB color.

2. Pilih paint bucket tool (atau tekan G), warnai dengan warna hitam. (warna tergantung dari keinginan anda).

3. Sekarang, pilih text tool (atau tekan T), akan ada icon yang aktif di tool box. klik kanan di situ, sehingga menampilkan beberapa pilihan seperti ini :

Pilih Horizontal type mask tool

4. Buat teks (jenis huruf, ukuran, terserah anda) , contoh :

(layar menjadi merah atau warna lain untuk sementara...., biarkan saja, ntar juga balik.. =p)

5. Setting foreground color seperti warna yang anda inginkan (di sini, saya pakai warna merah), setting seperti ini :


6. klik icon lain pada toolbox, sehingga menampilkan :


7. Tekan Alt+delete, maka seleksi akan terwarna sesuai foreground color yang telah di setting :


8. Dengan garis putus2 masih ada, segera klik di menu bar : Select > Save Selection

9. Isikan name, contoh :

OK

10. Sekarang, klik Image > Rotate Canvas > 90 derajat CCW

11. Lalu Filter > Stylize > Wind... ,
atur Method = Wind, Direction = From the right

12. Tekan Ctrl+F 2kali untuk memberikan lagi efek ini.

13. Sekarang :


14. Kembalikan posisi kanvas dengan Image > Rotate Canvas > 90 derajat CW

15. Pilih Select > Load Selection,
channel dipilih sesuai nama yang kita berikan waktu save selection tadi, invert aktif :

16. Pilih Filter > Distort > Ripple,
amount diatur sesuai selera anda, di sini saya memasukkan amount 100%, size medium.

17. Hasil akhir :


Zoom Preview
efek api
Tulisan Efek Api

Selamat mencoba....
Semoga Bermanfaat
Terima kasih
by - Lucky

15 Photoshop Tutorial Untuk Text Effect


Photoshop merupakan salah satu software pengolah grafis yang paling populer. Dari keperluan untuk mengolah foto dari kamera digital sampai dengan membuat desain profesional, semuanya bisa Anda lakukan dengan menggunakan Photoshop.

Untuk Anda yang sedang belajar atau pun sedang memperdalam tentang Photoshop, pada artikel ini kami memilihkan 15 tips dan tutorial yang berhubungan dengan text effect.

Simple, Sleek & Stylish Text Effect

Typographic Concept Poster

Old School Type – Line Gradients

Kaboom! Exploding Text

Fire with Glossy Reflection

Scanline Text Effect

Colorful Glowing Text Effect

Spectacular Flaming Meteor Effect

Advanced Glow Effects

Graffiti

3D Flowery Text Effect

Smooth Glass Type

Swirl Text

Dramatic Text on Fire Effect

Icey Styles


















by : klik kanan























Puisi Karya Taufik Ismail, Kesederhanaan Moral

Puisi karya Taufik Ismail merupakan salah satu puisi yang memiliki nilai tinggi dalam khasanah puisi Indonesia. Masalah kemanusiaan merupakan salah satu tema yang sering diangkat oleh Taufik Ismail. Sebagaimana WS Rendra,Taufik Ismail sering menyoroti fenomena yang terjadi di tengah masyarakat ke dalam balutan sajak-sajaknya.
Salah satu puisi karya Taufik Ismail yang bicara tentang fenomena sosial adalah puisi yang dibacakannya di tengah konser kemanusiaan untuk bencana alam. Puisi tersebut mengangkat tema bencana jebolnya bendungan situ gintung yang menelan korban jiwa. Melalui puisi tersebut, Taufik Ismail mengajak kita semua untuk kembali mengingat Tu
han, karena bencana yang terjadi pada dasarnya adalah karena kehendak Tuhan semata-mata.
Puisi karya Taufik Ismail tersebut, dibacakannya sendiri pada saat acara amal untuk membantu korban Situ Gintung digelar bersama puluhan artis lainnya. Taufik melantunkan puisinya tersebut berkolaborasi dengan Iwan Fals, Candil dan Kristiyanto yang menyanyikan lagu Katakan Kita Rasakan. Paduan musik dan puisi mereka pada acara amal tersebut, mampu menciptakan atmosfir solidaritas kemanusiaan yang sudah mulai menghilang dari lingkungan kita.

Karya Lain Taufik Ismail

Selain sering mengangkat tema kemanusiaan, puisi karya Taufik Ismail pun banyak bicara tentang Tuhan. Bahkan salah satu karyanya pernah dijadikan bait lagu yang dinyanyikan oleh Chrisye. Judulnya adalah Ketika Tangan dan Kaki Berkata, menjadi sebuah lagu yang kemudian memenangkan beberapa penghargaan karena kekuatan lyriknya.
Dalam karya tersebut, Taufik Ismail mengingatkan semua manusia untuk selalu menjaga semua sikap dan perbuatannya. Sebab, apa yang dilakuan manusia selama di bumi ini pasti akan dipertanggungjawabkan pada hari perhitungan saat di akhirat kelak. Semua anggota tubuh yang kita miliki, akan menjadi saksi atas apa yang dilakukan selama berada di dunia.
Pada puisi yang dijadikan lirik lagu ini, Taufik Ismail mendapatkan banyak penghargaan. Namun atas kesederhanaan yang dimilikinya, Taufik Ismail menolak semua penghargaan dan hadiah yang berhak diterimanya. Salah satu alasannya adalah, bahwa dirinya bukanlah pembuat puisi tersebut.
Karena, menurut Taufik, dirinya hanya menyadur dari salah satu surat yang terdapat dalam kitab suci Al Qur’an. Hal ini menunjukkan betapa Taufik Ismail bukanlah seorang seniman yang gila harta. Namun, semua karyanya adalah sebuah dedikasi dan sebagai bentuk tanggung jawab moral pada kehidupan manusia dan lingkungannya.
 
by anne

pantun Kasih yang Romantis

Sebelum membahas pantun kasih, ada baiknya kita bahas terlebig dulu pantun secara keseluruhan. Pantun adalah sebuah bentuk puisi lama. Bentuk yang terikat oleh rima dan jumlah baris. Rima atau bunyi akhir dari sebuah pantun harus berpola ab-ab, sedangkan jumlah barisnya harus empat baris setiap baitnya yang terdiri atas dua sampiran dan dua isi.
Pantun berasal dari budaya lisan bangsa melayu kuno yang mengukapkan gagasan atau pesan melalui simbol atau pesan tersembunyi. Budaya ini muncul karena faktor budaya timur yang kuat bahwa dalam menasihati orang haruslah dengan cara yang halus agar orang tersebut tidak merasa tersinggng dengan apa yang kita katakan.
Pantun ada banyak macamnya. Ada pantun nasihat, pantun jenaka, pantun tua, pantun agama, pantun kahwi, pantun anak-anak, juga ada pantun kasih. Pantun kasih adalah jenis pantun yang biasa digunakan muda-mudi untuk mengukapkan perasaan cinta kepada lawan jenisnya.
Pantun kasih biasanya berisi hal-hal yang romantis, tentang kisah-kasih remaja yang kaya dengan hal indah. Inilah beberapa contoh pantun kasih yang akan diungkap dalam artikel ini.
Contoh Pantun Kasih
Berlayar masuk muara kedah
Patah tiang timpa kemudi
Sekuntum bunga terlalu indah
Sekalian kumbang asyik berani
***
Kalau tuan mandi ke hulu
Ambilah saya bunga kemboja
Kalau tuan mati dahulu
Nantikan saya di pintu surga
***
Laksamana berbaju nampan
Masuk ke hutan memotong rotan
Tuan laksana pangeran tampan
Hati hamba langsung tertawan
***
Orang gila minum sekuteng
Dikejar-kejar di taman sari
Kalau bertemu dengan si ganteng
Tiap hari senanglah hati
***
Kalau tuan hendak ke padang
Jangan lupa membeli tali
Kalau tuan hendak memandang
Jangan lupa mencuri hati
***
Hari gelap jaga pelita
Niscaya kita cepet tidur
Hati siap karena cinta
Jangan alpa panjatkan sukur
***
Tingkap papan kayu persegi
Riga-riga pulau angsa
Indah tampan karena budi
Tinggi bangsa karena bahasa
***
Piring putih piring bersabun
Disabun anak orang cina
Memutih bunga dalam kebun
Setangkai saja yang menggila
***
Pecah ombak di tanjung cina
Menghepas pecah di tepian
Biarlah makan dibagi dua
Asal adik jangan ditinggalkan
***
Taman melati dirama-rama
Ubur-ubur sampingan dua
Sehidup semati kita bersama
Satu kubur kelak berdua
Demikian contoh-contoh pantun kasih yang dimuat dalam artikel ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang jatuh cinta dan ingin merayu pasangannya. Biasanya pantun kasih digunakan muda-mudi bangsa melayu dalam mengukapkan rasa cinta mereka.
Mereka akan berkumpul saat bulan purnama untuk mencari jodoh. Dalam acara tersebut akan diadakan permainan berbalas pantun. Kelompok laki-laki dan perempuan akan saling melempar pantun rayuan. Siapa yang terkena rayuan maka mereka akan jadian.
 
by : anne

Kahlil Gibran

Rambut acak-acakan, dunia dipandangnya miring tidak karuan. Sekalinya bicara orang lantas minggir dan pamit minta diri, namun mencuri dengar di kejauhan. Karena takut akan kegilaan Gibran, namun begitu senang mendengar dia berkata-kata.
Kahlil Gibran adalah seniman bohemian asal Lebanon yang sangat realis. Syair yang dia hasilkan mengutamakan diksi atau pilihan kata kelas tinggi. Karyanya, dari Sang Nabi, dan sayap-sayap patah tidak pernah lekang di makan waktu. Dia guru imajiner dari banyak sastrawan terkenal, yang membaca karyanya lantas mendapat wangsit untuk menulis.
by : anne
 

Karya sastra Chairil Anwar

Karya sastra Chairil Anwar tidak hanya berupa puisi-puisi asli yang ditulisnya, namun juga berupa puisi saduran dan karya prosa. Selain itu, Chairil Anwar juga menerjemahkan beberapa puisi dan prosa dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia.
Karya Sastra Chairil Anwar : Puisi Saduran

  • Kepada Peminta-Minta
    Rob Niewenhuis (1952) menyebutkan puisi ini merupakan adaptasi dari puisi karya Willem Elsschot yang berjudul Tot den Arme.
  • Krawang – Bekasi (kenang, Kenanglah Kami)
    Puisi ini pertama kali dimuat di dalam MI Th. II No. 47, 20 November 1948. Puisi ini ternyata merupakan saduran dari puisi karya MacLeish yang berjudul The Young Dead Soldiers.
  • (Kelam dan Angin Lalu Mempesiang Diriku)
  • Kenang, Kenanglah Kami

Karya Sastra Chairil Anwar : Puisi Terjemahan


  • Hari Akhir Olanda di Jawa (karya Multatuli yang berjudul Max Havelaar)
  • Somewhere (karya E. Du Perron)
  • P.P.C  (karya E. Du Perron)
  • Mirliton (karya E. Du Perron)
  • Musim Gugur (karya R.M. Rilke)
  • Jenak Berbenar (karya R.M Rilke)
  • Huesca (karya John Cornford)
  • (Jiwa di Dunia Yang Hilang Jiwa)  (karya John Cornford)
  • Datang Dara Hilang Dara (karya Hsu Chih-Mo)
    Puisi ini sempat dimuat sebagai karya asli Chairil Anwar hingga kemudian diketahui bahwa puisi ini merupakan terjemahan dari puisi A Song of The Sea karya Hsu Chih-Mo. Puisi A Song of The Sea ini sendiri dimuat di dalam buku Contemporary Chinese Poetry karya Robert Payne (penerbit Routledge, London)
  • Fragmen
    Puisi dimuat pertama kali dalam MI Th. II No. 44-45, 3 November 1948 sebagai karya asli Chairil Anwar. Kemudian diketahui bahwa puisi ini merupakan terjemahan bebas Chairil Anwar terhadap puisi Conrad Aiken.
  • Lagu Orang Usiran (karya W.H. Auden)
  • (Aku Pergi ke Satu Pantai)
  • (Biar Malam Kini Lalu). Puisi ini merupakan terjemahan dari puisi karya W.H Auden.

Karya Sastra Chairil Anwar : Prosa

  • Pidato Chairil Anwar
    Pidato ini pertama kali diucapkan di depan Angkatan Baru Pusat Kebudayaan pada tanggal 7 Juli 1943.
  • Berhadapan Mata. Karya ini berbentuk surat dan dimuat di surat kabar Pemandangan tanggal 28 Agustus 1943. Surat ini juga merupakan bagian pertama dari surat-menyurat antara Chairil Anwar dan H.B Jassin si Pemandangan. Surat-menyurat ini terhenti karena terkena sensor dari pemerintah Jepang.
  • (Maar Ik Wil Stil Zijn). Merupakan prosa liris yang ditulis dalam bahasa Belanda.
  • Hoppla!
  • Tiga Muka Satu Pokok
  • Pidato Radio 1946
    Pidato ini merupakan rangkaian pertama dari delapan pidato yang hendak disampaikan oleh Chairil Anwar di radio, namun hanya satu pidato ini yang berhasil disampaikan.
  • Membuat Sajak, Melihat Lukisan
  • Membaca Sajak, Melihat Lukisan

Karya Sastra Chairil Anwar : Prosa Terjemahan

  • Kena Gempur (karya John Steinbeck)
  • Raid
  • Pulang Dia si Anak Hilang   (karya Andre Gide yang berjudul Le Retour de l’Enfant Prodigue)
  • Beberapa Surat dan Sajak R.M Rilke. Yang diterjemahkan adalah tiga surat dan dua puisi.
  • Tempat yang Bersih dan Lampunya Terang  (karya Hemingway, berjudul A Clean Well-lighted Place)

by : anne

Sajak Putih Chairil Anwar, Romantika

Siapa yang tidak kenal dengan Chairil Anwar? Namanya sudah demikian lekat dengan dunia sastra Indonesia terutama sastra puisi. Karya-karyanya yang sarat dengan kiasan, telah mencuri hati para penikmat sastra. Sajak putih Chairil Anwar adalah salah satu puisi romantis yang mencuri perhatian banyak kalangan.

Sajak putih
Sajak putih Chairil anwar adalah sebuah puisi karya Chairil Anwar yang sarat akan nilai-nilai romantika. Ketulusan, kejujuran dan keikhlasan seorang pujangga dalam romantika cinta tersirat jelas di sini. Puisi ini menggambarkan ungkapan tulus perasaan penulis kepada kekasih yang sangat dipujanya pada pandangan pertama.
Seperti puisi-puisinya yang lain, dalam sajak putih Chairil Anwar ini penulis memilih bersembunyi di balik metafora dan kiasan-kiasan. Dalam puisi ini, Chairil anwar menggambarkan gelora hati ‘Aku’ terhadap seorang gadis yang mencuri hatinya dengan keindahan sore yang berpelangi. Begitu indah, menyenangkan namun juga mencemaskan karena akan berakhir senja yang sepi dan gelap.
Perasaan cinta dalam sajak putih Chairil Anwar ini juga disembunyikan dalam kiasan indah. Bagaimana Chairil mengilustrasikan keindahan cinta dengan kembang mawar yang diharapkan bertemu dengan ketulusan hati si gadis yang diilustrasikan dengan melati. Sangat indah dan menarik mencari dan menafsirkan teka-teki romantika cinta di balik puisi sajak putih Chairil Anwar ini.

Cinta dan Harapan  
Chairil anwar selalu menyimpan semangat dan optimisme dalam puisinya, termasuk dalam sajak putih ini. Meski di bagian tengah puisi digambarkan bahwa romantika cinta antara ‘Aku’ dan si gadis hanya sebatas kekaguman saat melihat satu sama lain. Tidak ada pembicaraan cinta dan rayuan yang terucap. Tidak ada janji bertemu di berikan, hanya tatapan mata yang menyiratkan kekaguman yang menjadi pegangan. Namun ‘Aku’ tetap optimis bahwa ada masa yang akan mempersatukan mereka dalam kisah cinta yang suci.
Akan ada harapan, demikian ending yang dikiaskan oleh Chairil dalam puisi ini. Hal ini sangat terlihat pada cuplikan kalimat berikut  “Selama matamu bagiku menengadah”.
Begitulah ciri khas puisi-puisi Chairil Anwar. Selalu melahirkan semangat dan optimisme untuk menggapai harapan. Chairil seakan berpesan pada pembacanya, bahwa selalu ada harapan selama usaha dan doa bersanding dalam langkah kaki kita.
 
by : anne

Apresiasi Makna Puisi Aku Karya Chairil Anwar

Siapa yang tak kenal puisi Aku karya Chairil Anwar? Semenjak Sekolah Dasar, kita telah mengenal puisi ini saat mempelajari pelajaran bahasa Indonesia. Anak-anak Sekolah Dasar umumnya diminta oleh sang guru bahasa Indonesia untuk menghafal puisi tersebut, lalu mendeklamasikannya di depan kelas.
Bait-bait puisi itu pun hingga kini tetap melekat di kepala kita, bahkan saat mendengar ada yang membacakan, kita langsung menangkap bahwa itu adalah puisi berjudul ‘Aku’ karya Chairil Anwar. Apa sebetulnya yang menarik dari makna puisi Aku karya Chairil Anwar tersebut? Kenapa dimasukkan ke dalam bagian dari kurikulum pelajaran bahasa Indonesia anak-anak Sekolah Dasar.
Meskipun terkadang para siswa tidak banyak yang bisa menelaah apresiasi dari puisi ini, yang dirasakan hanyalah tekanan dari sang guru untuk menghapal dan membacakannya di depan kelas. Inilah yang membuat para siswa akhirnya tidak menyukai puisi. Pesan-pesan makna yang ada di dalam puisi gagal disampaikan, sehingga jangankan mencintai sastra, untuk memulai belajarnya pun terkadang sebagian siswa merasa malas.

Makna Puisi Chairil Anwar

Berikut ini beberapa apresiasi penting akan makna puisi Aku karya Chairil Anwar di atas;
  1. Dari segi bentuk tipograpi penulisan, puisi ini sudah menampilkan kebebasan dalam menyajikan bait-bait. Puisi ini tak lagi dikekang dengan jumlah baris dalam bait. Namun puisi ini juga tetap mengutamakan rima (bunyi di akhir lirik) yang cukup indah untuk didengar. Keindahan rima akan dirasakan pada saat membacakan puisi ini. Penyelaman makna puisi Aku karya Chairil Anwar ini pun akan terasa lebih indah jika dibarengi dengan rima yang cantik.
  2. Dalam konteks penyajian pesan, puisi ini memberi kekuatan energi yang cukup terhadap nilai semangat yang terkandung di dalamnya. Chairil Anwar memberikan amanat tentang bagaimana menghadapi salah satu fragmen kehidupan. Semangat, kegigihan dan nilai perjuangan sangat kental dalam puisi ini.

    Melalui bahasa-bahasa yang disajikan, penulis mampu mengekspresikan keinginannya yang cukup kuat terhadap sebuah tujuan hidup. Kata ‘kumau tak seorang kan merayu’ merupakan bentuk ketegasan sikap yang cukup kuat. Lirik ini memperjelas kekokohan pesan makna yang dikandung puisi berjudul Aku ini.

    Sikap optimis terpancar jelas dari kalimat ‘Aku ingin hidup seribu tahun lagi’. Ini merupakan bentuk pesan tersirat yang perlu dimaknai mendalam oleh para penikmat sastra. Sebetulnya puisi itu akan muncul sebagai sajian yang menarik apabila kita mampu mengungkap makna tersirat dari sajian bahasanya. Tak hanya estetika yang akan kita dapatkan, namun juga ada makna yang membekas di hati dan pikiran. Di sanalah peran sebuah pesan itu muncul.
  3. Secara bahasa, puisi Aku karya Chairil Anwar di atas menggunakan bahasa-bahasa lugas dan transparan, tidak terlalu sublim. Diksi-diksi disajikan secara tegas dan kekuatan emosi yang cukup tinggi. Memaknai untaian kata puisi ini tak akan membuat kepala Anda menjadi ruwet, hanya saja Anda perlu menarik benang merah pesan universal dari puisi di atas. 
  4.  
  5. bay : anne

Puisi-Puisi Chairil Anwar, Inspirasi dan Motivasi

Puisi Sebagai Inspirasi Perjuangan
Pada zaman kemerdekaan dulu, puisi-puisi Chairil Anwar dianggap telah menjadi inspirasi bagi perjuangan bangsa Indonesia. Puisi-puisinya memang penuh dengan aroma perjuangan, semangat, pemberontakan.
Lihat saja puisi “Aku”-nya yang fenomenal. Kata “Aku binatang jalang” dalam sajak Aku, diapresiasi sebagai jeritan kata hati rakyat yang sedang terjajah untuk bebas merdeka. “Aku mau hidup seribu tahun lagi”, serunya, mengartikan semangat yang tak mau padam untuk memperjuangkan kebebasan, kemerdekaan.
Tak heran jika puisi-puisinya penuh semangat, karena menurut seorang teman dekatnya, Sjamsul Ridwan, Chairil Anwar mempunyai keinginan dan hasrat untuk mendapatkan, itulah yang menyebabkan jiwanya selalu meluap-luap, menyala-nyala, boleh dikatakan tidak pernah diam. 
Puisi senada yang mengapresiasi kisah perjuangan kemerdekaan bisa kita nikmati di karyanya yang berjudul Krawang-Bekasi, saduran dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish (1948). Belum lagi sajak lainnya seperti Dipenogoro.
Chairil juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang menyiratkan dukungannya pada Sang Proklamator untuk terus mempertahankan proklamasi 17 Agustus 1945.
Chairil Sebagai Perenung dan Pencinta
Sebagai penyair angkatan '45, Chairil telah menciptakan trend baru dalam pemakaian kata berpuisi yang terkesan sangat lugas dan kuat. Dia bersama Asrul Sani dan Rivai Apin menjadi pelopor puisi modern Indonesia
Tetapi, tak semua puisi-puisi Chairil Anwar bertemakan perjuangan, beberapa puisinya juga menunjukkan kecintaan pada ibunya. Selain ibunya, ada beberapa sosok wanita lainnya yang menjadi objek puisinya.
Tercatat nama Ida, Sri Ayati, Gadis Rasyid, Mirat, dan Roosmeini yang masuk kedalam puisi-puisinya, sebagai gadis yang dikejar-kejarnya. Dan hanya kepada Hapsah-lah, gadis Karawang, dia menambatkan hatinya.
Sisi lain dari Chairil Anwaradalah sisi religius. sebuah sisi yang bisa kita temukan dalam salah satu puisinya yang bertajuk “Doa”. Berikut penggalannya,
Tuhanku 
Dalam termangu 
Aku masih menyebut namamu 

Biar susah sungguh 
mengingat Kau penuh seluruh 

cayaMu panas suci 
tinggal kerdip lilin di kelam sunyi 

Tuhanku 

aku hilang bentuk 
remuk 

Tuhanku 

aku mengembara di negeri asing 

Tuhanku 
di pintuMu aku mengetuk 
aku tidak bisa berpaling 
 
Puisi-puisi Charil Anwar bisa memberikan inspirasi bagi Anda dalam kehidupan kekinian. Karyanya tentang cinta, perenungan hidup, dan motivasi dapat Anda temukan dengan jelas, tersurat, dalam kumpulan kata-kata lugas dan indah.

by : anne

Nabi Ibrahim as atau disebut juga Abraham

Abraham אַבְרָהָם ʾAḇrāhām
Rembrandt Harmensz. van Rijn 035.jpg
"Malaikat Tuhan mencegah pengorbanan Ishak", oleh Rembrandt, 1634.
Arti nama Bapak banyak orang/bangsa
Orang tua Terah[1] (ayah),
Istri Sara, Hagar, Ketura[2]
Anak Ismael (dari Hagar)[3], Ishak (dari Sara)[4], dan Zimran, Yoksan, Medan, Median, Ishak, Syuah (dari Ketura)[5], Lot (keponakan)
Saudara Nahor dan Haran[6] (laki-laki), Sara[7] (perempuan, tiri)
Tempat lahir Ur Kasdim[8]
Tempat mati Dekat Hebron di Kanaan[9]
Umur 175 tahun[10]

Abraham (bahasa Ibrani: אַבְרָהָם, standar Avraham Ashkenazi Avrohom atau Avruhom Tiberias ʾAḇrāhām; bahasa Arab: ابراهيم, Ibrāhīm ; Ge'ez: አብርሃም, ʾAbrəham) adalah tokoh penting dalam Alkitab dan Al-Quran. Agama Yahudi dan Kristen mengakuinya sebagai patriarkh, sementara dalam tradisi Islam ia dikenal sebagai Nabi Ibrahim. Dalam tradisi agama Abrahamik, Abraham adalah bapak rohani dari banyak orang.
Menurut Alkitab, Abraham dipanggil Allah dari Mesopotamia ke negeri Kanaan, sekitar tahun 2000 SM.[11] Di sana ia mengadakan perjanjian: Abraham diminta mengakui bahwa Yahweh adalah Tuhan dan otoritas tertinggi satu-satunya dan universal, dan untuk itu Abraham akan diberkati dengan keturunan yang tak terhitung banyaknya. Kehidupannya yang dikisahkan dalam Kitab Kejadian (pasal 11–25) dapat mencerminkan berbagai tradisi.
Nama aslinya adalah Abram (Ibrani: אַבְרָם), Standar  Avram Tiberias ʾAḇrām) yang berarti "bapak yang terpuji" atau "bapak[-ku] dipuji/dimuliakan" (bandingkan Abiram). Belakangan dalam hidupnya ia dikenal dengan nama Abraham (lihat nomenklatur retroaktif), seringkali disebut pula sebagai av hamon (goyim) "bapak dari banyak (bansa)" menurut Kejadian 17:5, meskipun dalam bahasa Ibrani kata ini tidak mempunyai arti harafiah.

Abraham dalam pandangan agama samawi

Abraham mempunyai arti yang sangat penting bagi semua agama samawi yaitu Yahudi, Kristen dan Islam. Islam menganggap Ibrahim sebagai bapaknya orang-orang mu'min, karena Allah menetapkannya demikian. Ia adalah contoh ideal dari seorang yang disebut mu'min. Ini ditunjukkannya dengan penyerahan diri yang sempurna kepada Allah, dengan kesediaannya untuk menyembelih anak kesayangannya.
Agama Yahudi memandang Abraham sebagai salah satu leluhur mereka. Di dalam Kitab Suci Ibrani, Allah sering menyatakan diri-Nya sebgai "Allah Abraham, Ishak, dan Yakub". Hal ini misalnya terjadi ketika Allah menyatakan diri kepada Musa di padang belantara di Midian: "Lagi Ia berfirman: 'Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.' Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah." (Keluaran 3:6).
Bagi orang Kristen, Abraham adalah bapak orang percaya. Imannya menjadi teladan bagi semua orang. Surat Ibrani mengatakan demikian: "Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui... Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal" (Ibrani 11:8, 17).
Dengan demikian, Abraham adalah bapak yang sama bagi ketiga agama ini, sekaligus mengingatkan bahwa ketiga-tiganya mempunyai akar yang sama, yaitu monoteisme. Untuk itu Ibrahim disebut juga sebagai Bapak Monoteisme Dunia.

Abraham dalam Islam

Dalam agama Islam, Abaraham disebut Ibrahim. Ia merupakan salah satu dari lima nabi Ulul Azmi. Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Ibrahim melakukan pencarian Tuhan yang panjang. Ia pernah menyembah matahari, bulan, dan bintang sebelum akhirnya bertaubat. Ibrahim juga penentang masyarakatnya yang pagan termasuk bapaknya Azar. Dalam Al-Qur'an disebutkan pula bahwa Ibrahim bukan seorang Yahudi atau Nasrani, tetapi ia adalah Muslim. Berbeda dengan dalam Kitab Kejadian, para penafsir Al-Qur'an menyepakati bahwa yang disembelih Ibrahim bukanlah Ishaq namun Isma'il.
[Catatan: Dalam Al Qur’an (surat Ash Shaaffaat : ayat 102-107) disebutkan bahwa Ibrahim (atau Abraham) akan mengorbankan anaknya. Ayat 100-101 dan ayat 112 menunjukkan bahwa yang disembelih adalah anak yang pertama. Dan dalam Alkitab pun disebutkan bahwa Ismael lah anak yang pertama.]

Abraham menurut pandangan Yahudi dan Kristen

Abram

Abraham bernama asli Abram. Ia adalah anak Terah, berasal dari Ur-Kasdim. Ia dan istrinya Sarai, Lot (anak dari saudara laki-laki Abram, Haran), dan semua pengikutnya, kemudian pergi ke Kanaan. TUHAN memerintahkan Abram untuk pergi ke "negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu", dan berjanji untuk memberkatinya dan membuatnya bangsa yang besar. Karena percaya akan janji-Nya ini, Abram pergi ke Sikhem, dan menerima janji baru bahwa negeri itu akan diberikan pada keturunannya. Setelah membangun sebuah mezbah untuk memperingati perjanjian ini, ia pergi dan memasang kemah di antara Betel dan Ai, di mana ia membangun sebuah mezbah lagi dan "memanggil nama TUHAN."
Di sini ia tinggal untuk beberapa waktu, sampai ketika ada perselisihan antara gembala-gembalanya dan gembala-gembala Lot. Abram mengusulkan pada Lot bahwa mereka berpisah, dan mengijinkan keponakannya untuk memilih lebih dahulu. Lot memilih tanah yang subur di sebelah timur sungai Yordan, sementara Abram, setelah menerima janji lagi dari TUHAN, pergi ke Mamre, dekat Hebron, dan mendirikan mezbah lagi bagi TUHAN.

Berdoa untuk Sodom

Dalam cerita mengenai Lot dan pemusnahan Sodom dan Gomora, Abram muncul ketika ia memohon pada TUHAN untuk tidak menghancurkan Sodom, dan dijanjikan bahwa bila ada sepuluh orang benar di kota itu, kota itu tidak akan dimusnahkan (Kejadian 18:16:33).

Di Mesir

Karena kelaparan yang hebat, Abram dan keluarganya pergi ke Mesir (26:11, 41:57, 42:1), di mana ia takut bahwa kecantikan istrinya akan menawan hati orang-orang Mesir. Karena itu ia berdusta bahwa Sarai adalah saudara perempuannya. Ini tidak menyelamatkannya dari Firaun, yang mengambilnya untuk harem pribadinya dan memberi Abram banyak ternak dan budak. Tapi ketika TUHAN menimpakan tulah yang hebat pada Firaun, Abram dan Sarai meninggalkan Mesir.

Hagar dan Ismael

Karena Sarai tidak dapat mengandung, janji Tuhan bahwa keturunan Abraham akan mewarisi tanah perjanjian tampak seperti mustahil. Sarai, sesuai dengan kebiasaan saat itu, memberi hamba perempuannya yang bernama Hagar kepada Abram. Ketika Hagar mengandung anak Abram, ia menjadi sombong dan merendahkan Sarai. Sarai mengusirnya ke padang gurun. Hagar dijanjikan bahwa keturunannya akan menjadi sangat banyak, "sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya." Maka Hagar kembali dan anaknya Ismael adalah keturunan Abram yang pertama. Dalam agama Islam, Ismael adalah pewaris Abram. Hagar dan Ismael kemudian diusir dari Abram oleh Sarai selamanya (Kejadian 21).
Dalam agama Kristen dan Yahudi disebutkan bahwa yang disebut keturunan Abraham adalah berasal dari Ishak (Kejadian 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.)

Perjanjian sunat

Nama Abraham diberikan pada Abram (dan Sara pada Sarai) pada waktu yang sama dengan perjanjian sunat (Kejadian 17), yang dipraktikkan dalam agama Yahudi dan Islam sampai hari ini. Sekarang Abraham dijanjikan bukan saja keturunan yang banyak, melainkan juga bahwa keturunan ini akan berasal dari Sara, dan juga bahwa negeri di mana ia tinggal akan menjadi milik keturunannya. Perjanjian ini dipenuhi lewat Ishak, walaupun Tuhan berjanji bahwa Ismael akan menjadi bangsa yang besar pula. Perjanjian sunat (tidak seperti janji-janji lainnya) memiliki dua sisi dan bersyarat: bila Abraham dan keturunannya memenuhi janji mereka, TUHAN akan menjadi Tuhan mereka dan memberi mereka negeri tersebut.

Ujian iman Abraham

Beberapa waktu setelah kelahiran Ishak, Abraham diperintahkan Tuhan untuk mengorbankan Ishak di gunung Moria. Sebelum Abraham sempat mematuhi hal ini, ia dicegah seorang malaikat dan ia mengorbankan seekor domba jantan. Sebagai imbalan akan kepatuhannya ini ia menerima janji lain bahwa ia akan membuat keturunannya "sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut", dan bahwa mereka "akan menduduki kota-kota musuhnya."

Akhir hayat

Sara wafat dalam usia lanjut, dan dimakamkan di gua ladang Makhpela, dekat Hebron, yang telah dibeli Abraham. Abraham juga dimakamkan di sini. Berabad-abad kemudian makam ini menjadi tempat kunjungan agama dan umat Islam membangun Masjid Ibrahim di tempat ini.

by ; wikipedia

Nabi Nuh as.



Nuh
Noh.png

Nuh.png
Informasi
Arti Nuh
Klasifikasi Makkiyah
Surah ke 71
Juz Juz 29
Statistik
Jumlah ruku' 2 ruku'
Jumlah ayat 28 ayat
Surah Nuh (bahasa Arab:نوح, "Nuh") adalah surah ke-71 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 28 ayat. Dinamakan dengan surat Nuh karena surat ini seluruhnya menjelaskan da´wah dan doa Nabi Nuh.

 Pokok-Pokok Isi

  • Ajakan Nabi Nuh AS kepada kaumnya untuk beriman kepada Allah SWT serta bertobat kepada-Nya
  • Perintah memperhatikan kejadian alam semesta dan kejadian manusia yang merupakan manifestasi kebesaran Allah
  • Siksaan Allah di dunia dan akhirat bagi kaum Nuh yang tetap kafir
  • Doa Nabi Nuh AS

 
 
 
Nuh נוֹחַ Nūḥ
Französischer Meister um 1675 001.jpg
Lukisan "Bahtera Nuh", oleh Französischer Meister, 1675. Dipajang di Museum Magyar Szépmüvészeti, Budapest, Hungaria.
Orang tua Lamekh[1] (ayah),
Anak Sem, Ham, Yafet[2]
Pekerjaan Pembuat bahtera, petani, pembuat kebun anggur pertama[3]
Umur 950 tahun[4]

Nuh (Ibrani: נוֹחַ, Nūḥ; Tiberias: נֹחַ; Arab: نوح) (sekitar 3993-3043 SM) adalah seorang rasul yang diceritakan dalam Taurat, Alkitab, dan Al-Quran. Nuh diangkat menjadi nabi sekitar tahun 3650 SM. Diperkirakan ia tinggal di wilayah Selatan Irak modern. Namanya disebutkan sebanyak 58 kali dalam 48 ayat dalam 9 buku Alkitab Terjemahan Baru[5] dan 43 kali dalam Al-Quran.
Ia memiliki 4 anak laki-laki Kanʻān, Sem, Ham, dan Yafet. Menurut kitab Kejadian, pada jamannya terjadi air bah yang menutupi seluruh bumi; hanya ia sekeluarga (istrinya, ketiga anaknya, dan ketiga menantunya) dan binatang-binatang yang ada di dalam bahtera Nuh yang selamat dari air bah tersebut. Setelah air bah reda, keluarga Nuh kembali me-repopulasi bumi.
Para ahli sejarah[siapa?] banyak menyebutkan bahwa ia wafat di Mekkah.

Nuh menurut Islam

Etimologi

Suyuti menceritakan bahwa nama Nuh bukan berasal dari bahasa Arab, tetapi dari bahasa Syria yang artinya “bersyukur” atau “selalu berterima kasih”. Hakim berkata dinamakan Nuh karena seringnya dia menangis, nama aslinya adalah Abdul Ghafar (Hamba dari Yang Maha Pengampun).
Sedangkan menurut kisah dari Taurat nama asli Nuh adalah Nahm yang kemudian menjadi nama sebuah kota, kuburan Nuh berada di desa al Waqsyah yang dibangun didaerah Nahm.[6]
Nuh mendapat gelar dari Allah dengan sebutan Nabi Allah dan Abdussyakur yang artinya “hamba (Allah) yang banyak bersyukur”.[7]

Genealogi

Dalam agama Islam, Nuh adalah nabi keempat sesudah Adam, Syits, dan Idris. Ia merupakan keturunan kesembilan dari Adam. Ayahnya adalah Lamik (Lamaka) bin Metusyalih (Matu Salij) bin Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qianan bin Anus bin Sit bin Adam. Antara Adam dan Nuh ada rentang 10 generasi dan selama periode kurang lebih 1642 tahun.
Nuh hidup selama 950 tahun. Ia mempunyai istri bernama Wafilah,[8] sedangkan beberapa sumber mengatakan istri Nuh adalah Namaha binti Tzila atau Amzurah binti Barakil[9] dan memiliki empat orang putra, yaitu Kanʻān, Yafith, Syam dan Ham.

Biografi

Nuh adalah Rasul Allah yang pertama yang diutus ke atas bumi ini, sedangkan Adam, Syits dan Idris yang diutus sebelumnya hanyalah bertaraf Nabi saja , bukan sebagai Rasul kerana mereka tidak memiliki umat atau kaum.
Dari Ibnu Katsir bahwa Nuh diutus untuk kaum Bani Rasib. Dia lahir 126 sepeninggal Nabi Adam AS, sedangkan menurut Ahli Kitab dia lahir 140 tahun sepeninggal Nabi Adam.Dia adalah utusan yang pertama yang diutus untuk umat manusia. Penduduk yang diserunya dikenal dengan Banu Rasib.
Dari Ibnu Abi Hatim : Abu Umamah mendengar seorang berkata kepada Nabi “ Wahai Utusan Tuhan, apakah Adam seorang Nabi?” Nabi menjawab “Ya”. Orang tersebut bertanya lagi: “ Berapa Lama antaranya dengan Nuh?” maka Nabi Menjawab “sepuluh generasi”
Ibnu Abbas menceritakan Bahwa nabi Nuh diutus pada kaumnya ketika berumur 480 tahun. Masa kenabiannya adalah 120 tahun dan berdakwah selama 5 abad. Dia mengarungi banjir ketika ia berumur 600 tahun, dan kemudian setelah banjir ia hidup selama 350 tahun.
Ibnu Abi Hatim dari Urwah bin Al Zubayr bahwa Wadd, Suwa, Yaghuth, Ya’uq dan Nasr adalah anak nabi Adam. Wadd adalah yang tertua dari mereka dan yang paling saleh di antara mereka.
Ibnu Abbas menceritakan bahwa ketika Nabi Isa menghidupkan Ham bin Nuh, dia bertanya kepadanya kenapa rambutnya beruban, ia menjawab dia meninggal di saat usia muda karena ketakutannya ketika banjir. Ia berkata bahwa panjang kapal Nuh adalah 1200 Kubit dan lebarnya 600 Kubit dan mempunyai 3 lapisan.

Migrasi dari Suq Thamanim ke Babylonia

Ibnu Thabari menceritakan setelah kapal berlabuh di pegunungan Ararat, ia kemudian membangun suatukota di daerah Ararat (Qarda) disuatu areal yang termasuk Mesopotamia dan menamakan kota tersebut Themanon (Kota delapan Puluh) karena kota tersebut dibangun oleh orang yang beriman yang berjumlah 80 orang. Sekarang tempat tersebut dikenal dengan nama Suq Thamanin.
Ibnu Abbas kemudian menceritakan bahwa Nuh membangun kota Suq Thamanin dan semua keturunan Qayin dibinasakan. Menurut Al-Harith dari Ibnu Sad dari Hisham bin Muhammad dari ayahnya dari Abu Shalih dari Ibnu Abbas berkata ”ketika Suq Thamanin menjadi penuh dengan keturunan Nuh mereka berpindah ke Babylon dan membangun kota tersebut.
Abd al Ghafar menceritakan ketika kapal berlabuh di bukit Judi pada hari Ashura.

Doa Nuh kepada Keturunannya

Ibnu Ishaq mengatakan bahwa Nuh mendoakan ketiga putranya. Nuh mendoakan keturunan Sam menjadi nabi-nabi dan rasul. Nuh mendoakan keturunan Yafith untuk menjadi raja-raja, sedangkan dari keturunan Ham dia doakan agar menjadi abdi dari keturunan Yafith dan Sam.
Ketika Nuh menginjak usia lanjut, ia mendoakan agar keturunan Gomer dan Kush menjadi raja-raja, karena mereka berdua ini melayani kakeknya disaat usianya lanjut.
Ibnu Abbas menceritakan bahwa keturunan Sam menurunkan bangsa kulit putih, Yafith menurunkan bangsa berkulit merah dan coklat, Sedangkan ham menurunkan bagsa Kulit hitam dan sebagian kecil berkulit putih.

Anak

Sebuah ilustrasi ketiga anak Nuh yaitu Sam, Ham dan Yafith. Dilukis oleh James Tissot 1904.
Kanʻān bin Nuh
Dari keempat putra Nuh, hanya tiga orang yang selamat dari bencana banjir, karena taat serta mengikuti ajaran yang dibawa ayahnya. Adapun seorang anaknya lagi yang tertua, yaitu Kan'an, tewas tenggelam. Nuh merasa sedih karena anaknya tidak mau mengikuti ajarannya. Sedangkan menurut Hasan al-Bashri berpendapat bahwa Kan’an adalah anak tiri Nuh yaitu anak dari isterinya yang durhaka.
Yafith bin Nuh
Ibnu Thabari menyebutkan istri Yafith bernama Arbasisah binti Marazil bin Al Darmasil bin bin Mehujael bin Akhnukh bin Qayin bin Adam dan darinya Yafith menurunkan 7orang anak laki-laki dan 1 orang anak perempuan, yaitu Gomer, Marihu, Wa’il, Hawwan, Tubal, Hawshil dan Thiras. Anak perempuan dari Yafith adalah Shabokah.
Sam bin Nuh
Ibnu Thabari menyebutkan istri Sam bernama Shalib binti Batawil bin Mehujael bin Akhnukh bin Qayin bin Adam dan darinya Sam menurunkan Arfaqsyad, Asshur, Lud, Elam, dan Aram.
Ham bin Nuh
Ibnu Thabari menyebutkan istri Ham bernama Nahlab binti Marib bin Al Darmasil bin bin Mehujael bin Akhnukh bin Qayin bin Adam dan darinya Ham menurunkan 4 orang anak laki-laki, yaitu Kush, Put, Kanaan dan Qibthy atau Misraim.
Menurut Ibnu Ishaq tidak diketahui apakah Aram adalah satu ibu atau dari ibu yang berbeda dengan anak Sam lainnya. Sam berdiam di Mekkah dan dari keturunannya yaitu Arpaksyad menurunkan nabi dan rasul. Kemudian dari nya menurunkan bangsa Arab dan bangsa Mesir kuno. Keturunan Yafith menjadi raja untuk wilayah non arab seperti Turki, Khazar dan Persian yang raja terakhirnya adalah Yazdajird bin Shahriyar bin Abrawizyang masih merupakan keturunan Gomer bin Yafith bin Nuh.
Keturunan Sam berdiam di Majdal yang berada dipusat bumi yang daerah tersebut berada di Satidama (suatu daerah bagian utara Irak atau dibagian Timur Anatolia), diantara Yaman dan Syria. Tuhan memberikan mereka scripture, dan kendahan dan kenabian dan memberikan warna kulit yang coklat dan putih.
Bangsa ʿĀd berkembang di suatu lembah yang dinamakan Al-Shihr (Bagian Selatan Arabia menghadap lautan Hindia) dan dibinasakaan disana disuatu lembah yang dinamakan Lembah Mughith.
Kemudian Mahrah menetap di lembah Al Shihr. Ubayl berkembang di wilayah Yasthrib, Amalek berkembang di Sana sebelum dinamakan Sana. Beberapa dari keturunan Amalek kemudian pergi ke Yastrib dan mengusir bangsa Ubayl, yang kemudian Jubayl berkembang di wilayah Juhfah, tapi banjir membinasakan mereka sehingga dinamakan wilayah tersebut Al-Juhfah (tempat penyapuan).
Thamud berdiam di Hijr dan disekitarnya dan dibinasakan disana. Tasm dan Judays berdiam di Yamamah dan kemudian dibinasakan, ketika Umaym memasuki wilayah Al Abar (Wabar, suatu tempat di Yaman) dan dibinasakan disana. Desekitar Yamamah dan Al Shihr tidak ada yang bepergian disana karena wilayahnya telah dikuasai Jin. Daerah tersebut dikenal dengan Ubar karena berasal dari nama Abar bin Umaym.
Keturunan Joktan bin Eber memasuki Yaman dan kemudian menamakannya Yaman yang berarti Selatan. Beberapa kaum dari Kan'an memasuki Syria yang namanya adalah Al-Sha’m maka dari itu wilayah Syria dahulu dikenal dengan nama Syam.
Diceritakan dari Damrah bin Rabiah dari Ibnu Ata dari Ayahnya bahwa Ham menurunkan keturunan yang berkulit hitam dan berambut keriting. Rambut mereka tipis. Yafith menurunkan keturunan yang berwajah datar dan bermata kecil atau sipit, sedangkan Sam menurunkan keturunan yang berwajah tampan dan berambut indah.

Cucu

Keturunan Ham
  • Kush bin Ham: Ibnu Thabari menyebutkan istri Kush bernama Qarnabil binti Batawil bin Tiras dan darinya menurunkan Habsyah, Hind dan Sind.
  • Phut bin Ham: Ibnu Thabari menyebutkan istri Phut bernama Bakht binti Batawil. Put kemudian berdiam bersama keturunan Kush yaitu Hind dan Sind di wilayah India.
  • Kan`an bin Ham: Ibnu Thabari menyebutkan istri Kan'an bernama Arsal binti Batawil bin Tiras dan darinya menurunkan bangsa berkulit hitam atau negro, Nubia, Fezzan, Zanj dan Zaghawah.
  • Mizraim bin Ham: Ibnu Thabari menyebutkan keturunan Mizraim adalah bangsa Koptik dan Barbar.
  • Egyptus binti Ham: Anak Ham yang satu ini adalah seorang wanita.
Keturunan Sam
  • Lud bin Sam: Ibnu Ishaq menyebutkan Lud kawin dengan anak perempuan Yafith yaitu Shakbah dan melahirkan baginya Faris, Jurjan, dan ras yang mendiami wilayah Persia. Kemudian dari Lud lahir pula Tasm dan Imliq tapi tidak diketahui apakah mereka stu ibu atau tidak dengan Faris bin Lud. Imliq berdiam di wilayah tanah suci.

    Imliq kemudian menurunkan bangsa Amalek yang kemudian menyebar di wilayah Uman, Hijaz, Syria dan Mesir. Dari keturunan Lud ini melahirkan bangsa bangsa perkasa di Syria yang disebut dengan bangsa Kanaanit. Dari Lud juga menurunkan Firaun Mesir, penduduk Bahrayn dan ‘Uman yang kemudian dikenal dengan bangs Jasim. Penghuni Madinah seperti Bani Huff, Sa’d bin Hizzan, Banu Matar dan Banu Al-Azraq, Penduduk Najd yaitu Badil dan Rahil, Penduduk Tayma adalah keturunan dari Lud bin Sham.

    Bani Umaym bin Lud berdiam di Wabar yang merupakan daerah gurun yang dikenal dengan gurun Alij dan berkembang disana. Kemudian mereka berbuat ingkar disana dan akhirnya Allah menghancurkan mereka. Satu-satunya suku mereka yang tersisa dari bencana tersebut adalah suku Nasnas.

    Tasm bin Lud berdiam di Yamamah (kota kuno Bahrayn). Dari keturunan Lud seperti Tasm, Amalek, Umaym dan Jasim menggunakan dialek arab, sedangkan dari keturunan Lud yang lain seperti Faris menggunakan dialek Farsi.

    Keturunan Lud bin Sham dan termasuk keturunan Madhay bin Yafith kemudian pergi menuju Gomer dan Gomer kemudian menjaga mereka dan membiarkan mereka berkembang di wilayahnya. Dari bangsa Madhay ini menurunkan bangsa Media yang salah satu rajanya adalah Cyrus Agung.

    Salah satu bangsa Barbar adalah keturunan dari Thamila bin Marib bin Faran bin Amr bin imliq bin Lud bin Sham. Bangsa yang pertama kali berbicara dengan bahasa Arab adalah Imliq bin Lud setelah kepindahannya dari Babylonia.
  • Aram bin Sam: Aram bin Shem menurunkan Uz, Mash, Gether dan Hul. Kemudian Uz menurunkan Gether, ʿĀd dan Ubayl. Gether bin Aram menurunkan Tsamud dan Judays. Mereka ini berbicara dengan bahasa Arab Mudari. Mereka ini dikenal dengan Arab Aribah atau Arab asli karena dari merekalah bahasa Arab berasal. Dari keturunan Aram dan Lud ini melahirkan bangsa Arab pertamaatau bangsa Arab Aribah.

    ʿĀd berdiam di gurun disekitar jalan menuju Hadramaut di Yaman. Tsamud memahat pegunungan untuk dijadikan tempat tinggalnya yang berada antara Hijaz dan Syria dan sejauh Wadi al-Qura. Judays mengikuti Tasm dan berdiam di lingkungan Yamamah sampai Bahrayn. Nama Yamamah pada saat itu adalah Jaww. Sedangkan Jasim berdiam di Uman. Mash menurunkan bangsa Nabatea yang silsilahnya adalah Nabit bin Mash bin Aram.

    Di Era kaum ʿĀd, mereka dikenal dengan ʿĀd dari Iram, ketika kaum’Ad dihancurkan maka kaum Tsamud disebut Iram. Setelah Tsamud dihancurkan keturunan Iram yang tersisa disebut dengan Arman atau Aramean.
  • Arfaqsyad bin Sam: Arpkasyad menurunkan umat-umat pilihan dan darinya kebanyakan nabi berasal. Ia mempunyai anak yang bernama Qaynam yang tidak diceritakan di dalam Taurat. Ia tidak diceritakan di dalam taurat karena ia menyebut dirinya sebagai dewa dan mempelajari sihir. Qaynamkemudian menurunkan anak yang bernama Shelah, dan menurunkan Abir. Bagi Abir menurunkan 2 anak, yaitu Peleg atau Qasim dan Yoktan atau Qahthan yang menurunkan 2 anak, yaitu Ya’rub dan Yaqtan. Yoktan adalah penguasa pertama atas negeri Yaman.

    Arpaksyad juga mempunyai anak yang bernama Nimrod yang mendiami sekitar wilayah Al-Hijr. Sham lahir ketika Nuh berumur 500 tahun, kemudian Arpaksyad lahir ketika Sham berumur 102 tahun. Qaynam lahir ketika umur Arpaksyad 35 tahun, Shelah lahir ketika Qaynam berumur 39 tahun, Eber lahir ketika Shelah berumur 30 tahun.

    Yoktan bin Eber bin Shaleh bin Arfaqsyad darinya menurunkan bangsa Hind dan Sind terkemudian. Silsilahnya kembali kepada Buqayin bin Yoktan. Dari Yoktan melahirkan Ya’rub menurunkan Yashjub menurunkan Saba’. Saba’ menurunkan Himyar, Kahlan, ‘Amr, Al-Ash’ar, Anmar, Murr, ‘Amilah. Amr bin Saba menurunkan ‘Adi. ‘Adi menurunkan Lakhm dan Judham.
  • Ghalem bin Sam: Dikisahkan bahwa keturunan dari Ghalem ini adalah bangsa Persia.
  • Asshur bin Sam: Sedangkan dari Asshur keturunannya adalah menjadi bangsa Assyria.
Keturunan Yafith
  • Meshech bin Yafith: Darinya menurunkan Ashban. Menurut Blachere Ashban adalah koloni dari Ishafan yang menetap di Syria, Mesir, Afrika Utara, dan Spanyol.
  • Yavan bin Yafith: Darinya menurunkan Slavia dan Burjan atau Bulgar. Bangsa Byzantium adalah keturunan dari Lanta bin Javan.
  • Magogh bin Yafith: Dari Magogh inilah bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang telah diramalkan akan datang pada akhir zaman.
  • Khatubal bin Yafith
  • Ma'za bin Yafith
  • Tyrash bin Yafith

Bahtera Nuh

Gunung Ararat di negara Turki yang diduga sebagai tempat berlabuhnya Bahtera Nuh.
Puluhan tahun Nuh berdakwah, tetapi umatnya tidak mau mengikuti ajarannya dan tetap menyembah berhala. Bahkan mereka sering kali menganiaya Nuh dan pengikutnya. Untuk itu Nuh meminta Allah supaya menurunkan azab bagi mereka. Kemudian dalam kisah tersebut dikatakan bahwa Allah mengabulkan permintaan Nuh. Agar umat Nuh yang beriman terhindar dari azab tersebut, Allah memerintahkan Nuh untuk membuat bahtera. Bersama para pengikutnya, Nuh mengumpulkan paku dan menebang kayu besar dari pohon yang ia tanam selama 40 tahun. Melalui wahyu-Nya, Allah membimbing Nuh membuat bahtera yang kuat untuk menghadapi serangan topan dan banjir. Bahtera Nuh dianggap merupakan alat angkutan laut pertama di dunia.
Menurut Al Qur'an, bahtera Nuh telah mendarat di Bukit Judi dan banyak perbedaan pendapat mengenai Bukit Judi tersebut, baik dari para ulama maupun temuan arkeolog. Ada pendapat[siapa?] yang menunjukkan suatu gunung di wilayah Kurdi atau tepatnya di bagian selatan Armenia, ada pendapat lain dari Wyatt Archeological Research, bukit tersebut terletak di wilayah Turkistan Iklim Butan, Timur laut pulau yang oleh orang-orang Arab disebut sebagai Jazirah Ibnu Umar (Tafsir al-Mishbah).
Di dalam Alkitab menyebutnya terdampar di Gunung Ararat Turki. Para arkeolog Cornuke dan timnya mengatakan bahwa bahtera Nuh diduga telah ditemukan di Iran. Lokasinya tidak sesuai seperti yang dijelaskan dalam kitab Kejadian; bBahtera ini telah melakukan perjalanan dari timur mengarah ke Mesopotamia. Cornuke dan timnya berpikir bahwa Gunung Ararat adalah kemungkinan besar sebagai sebuah pengalihan saja. "Alkitab memberikan petunjuk di sini tetapi ini bukanlah mengarah ke Turki, tetapi mengarah langsung ke Iran."[10]
Berdasarkan foto yang dihasilkan dari gunung Ararat, menunjukkan sebuah perahu yang sangat besar diperkirakan memilik luas 7.546 kaki dengan panjang 500 kaki, lebar 83 kaki dan tinggi 50 kaki dan masih ada tiga tingkat lagi di atasnya.
  • Tingkat pertama diletakkan binatang-binatang liar dan yang sudah dijinakkan
  • Tingkat kedua ditempatkan manusia
  • Tingkat ketiga burung-burung

Nuh menurut Kristen

Bahtera Nuh, karya Edward Hicks, dibuat tahun 1846.
Sebuah peta T dan O yang menggambarkan tentang pembagian koloni masyarakat, mengidentifikasikan tiga benua sebagai populasi dari keturunan Sam (Sem), Ham (Cham) dan Yafith (Japeth).
Nuh adalah anak pertamanya, Yafet, dilahirkan [11], 600 ketika banjir datang, jadi ada 100 tahun di antara kedua hal ini. Perhatikan bahwa Sem berusia 2 tahun lebih muda – ia dikaruniai Arpakhsad dua tahun setelah banjir, ketika ia berusia 100 [12]. Karena itu Sem hanya berusia 98 ketika banjir datang. Ham dikatakan sebagai yang termuda [13].
Nama istri Nuh tidak disebut dalam Alkitab, menurut Kitab Yobel (termasuk dalam kanon Gereja Ortodoks Ethiopia) namanya adalah Emzara. Tulisan-tulisan Midras memberinya nama Naamah, yang juga disebutkan dalam Kitab Yasar.
Nuh digambarkan sebagai orang yang benar di antara orang-orang lain yang hidup di zamannya. Pada saat itu, manusia hidup bergelimang dosa sehingga Allah memutuskan untuk menjatuhkan hukuman dengan bersabda "Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi" [14]. Akan tetapi, Allah tidak menghancurkan segala-galanya. Dia memerintahkan Nuh untuk membangun sebuah bahtera besar untuk menyelamatkan sebagian makhluk ciptaan-Nya.
Setelah bahtera itu selesai, Kitab Kejadian menggambarkan bahwa air merendam bumi selama 150 hari lamanya dan setelah itu air mulai surut. Nuh menunggu hingga bumi benar-benar kering sebelum membuka pintu bahtera. Nuh kemudian keluar bersama keluarga dan semua binatang yang ada di dalam bahtera tersebut.
Setelah Nuh diselamatkan, Allah mengadakan perjanjian dengan Nuh dan memberkatinya [15]. Inilah perjanjian yang pertama dikenal dan bersifat universal karena meliputi seluruh umat manusia. Di kemudian hari, Allah mengadakan perjanjian pula dengan Abraham, tetapi perjanjian itu dianggap bersifat lebih khusus.

by : wikipedia

Ascaliko. Diberdayakan oleh Blogger.

Trasnlate

Followers

my yahoo